Berita

SOSIALISASIKAN REKRUTMEN CALON ANGGOTA KPU BANTUL, TIMSEL BERHARAP PEMILU SEMAKIN BERINTEGRITAS

Rabu Pahing, 11 Juli 2018 10:02 WIB 132

foto

Bantul, kpud-bantulkab.go.id - Sesuai dengan Keputusan KPU Republik Indonesia Nomor 505/PP.06-Kpt/05/KPU/VI/2018 tentang Jadwal dan Tahapan Pelaksanaan Seleksi Calon Anggota KPU Provinsi dan Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota tahap V, Kabupaten Bantul menjadi salah satu kabupaten yang akan mengadakan Rekrutmen Calon Anggota KPU Kabupaten Bantul periode 2018-2023.  Untuk itu, Kabupaten Bantul mengadakan Sosialisasi Pendaftaran/Rekrutmen Anggota KPU Kabupaten Bantul Periode 2018-2023 untuk para stakeholder dan elemen masyarakat sipil.

Bertempat di KJ Hotel (9/7/2018), hadir sebagai narasumber yaitu ketua Timsel Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota se-DIY periode 2018-2023, Dr Abdur Rozaki, M.Si. “Salah satu cara untuk merawat demokrasi melalui pemilu adalah kualitas penyelenggara pemilu yang memiliki kompetensi, dan integritas yang kuat” paparnya. Beliau juga menegaskan bahwa Calon Anggota KPU dipastikan untuk benar-benar netral, dan tidak berafiliasi dengan kepentingan politik tertentu. Dalam hal ini, perempuan juga menjadi prioritas dalam rekrutmen Calon Anggota KPU. “Perempuan menjadi prioritas, semakin banyak perempuan yang memahami isu-isu kepemiluan harapannya kualitas demokrasi akan lebih bermakna” imbuhnya.

Adapun penyerahan syarat pendaftaran Calon Anggota KPU Kabupaten/Kota se-DIY dimulai pada tanggal 4 Juli hingga 12 Juli 2018. Untuk menjamin kualitas SDM yang dihasilkan, setelah masa pendaftaran, pola rekrutmen akan menggunakan tes CAT, tes psikologi, tes kesehatan dan wawancara, dengan mempertimbangkan masukan dan tanggapan masyarakat.

Dalam kesempatan ini, Ketua KPU Kabupaten Bantul, M Johan Komara berharap bahwa rekrutmen Calon Anggota KPU Bantul ini dapat diinformasikan kepada seluruh pihak yang memenuhi syarat